Belajar Matematika cuman 10 menit

Belajar Perkalian 10 Menit

By YUNNY RAHARJA

“Kita sedang membesarkan seorang anak, bukan memaksakan ambisi masa lalu kita yang tidak tercapai bagi seorang anak

Salah Satu kemampuan dasar seseorang adalah berhitung. Jika anda membaca ini dan mungkin saja sedang dalam masa mengajarkan berhitung pada anak, artikel ini bisa berguna untuk anda. 

Saya memiliki anak dengan diagnosa autisme ketika kecil. Sebagai orang tua dan juga sekaligus guru homeschool nya saya masuk pada topik mengajarkan perkalian. 

Singkatnya cukup menantang untuk mengajar perkalian saat itu. Sempat kesal dan marah, sampai klimaksnya saya pukul kepala anak saya pakai buku karena tidak bisa-bisa.

Saya sempat frustasi saat itu dan saya hening sejenak, sekilas terlintas bayang-bayang masa kecil manakala saya juga diajar perkalian, kena marah, teriakan dsb nya… Saat itu saya pun tidak nyaman diajarkan dengan marah-marah, dan ironisnya saya pun melakukan hal yang saya benci diperlakukan pada saya di masa lalu.

 

Akhirnya… munculah ide pada video ini

 

“Setiap Orang Tau Cara Membesarkan Anak, Kecuali Anak Mereka Sendiri – PJ O’Rourke (Penulis Satir)”

Namun Bukan Itu Yang Mau Saya Bagikan

Memang saat itu anak saya sangat cepat dalam menjawab soal matematika khususnya perkalian. Akan tetapi masih ada hal yang perlu diperhatikan. Belajar bukanlah ajang dalam mendapat nilai saja, tapi ada nilai pengertian yang ada di dalamnya…

1 x 3 tidak sama dengan 3 x 1

Sekilas kedua perkalian ini memiliki hasil yang sama, akan tetapi pengertian logika keduanya berbeda. bayangkan anda mendapat dosis minum obat 1×3 dan 3×1 bagaimana anda minum? 1 obat nya 3 kali atau sekali glek 3 obat? salah mengartikan bisa over dosis atau obatnya kurang dosis.

SOLUSI UNTUK ANDA